Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Bagi Para Jobseekers

Saat ini, pemerintah Indonesia sudah memiliki teknologi yang dapat membantu para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Salah satunya dengan cara daftar kartu prakerja. Adanya kartu prakerja akan memberikan kemudahan bagi kamu para pencari kerja untuk segera mendapatkan pekerjaan.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan dengan lengkap mengenai program kartu prakerja dan bagaimana cara daftar kartu prakerja untuk para jobseekers. Pastinya, dengan mengikuti program ini, kamu bisa mendapat banyak manfaat yang bisa kamu rasakan.

Namun, kamu perlu ketahui terlebih dahulu apa itu program kartu prakerja, manfaat, dan lain sebagainya sampai bagaimana cara membuat kartu prakerja itu sendiri. Berikut merupakan penjelasannya.

Tentang Program Kartu Prakerja

tentang kartu prakerja
tentang kartu prakerja

Pemerintah mulai aware dengan para pemuda yang sedang mencari pekerjaan. Banyak para pemuda dari berbagai lulusan jenjang pendidikan yang banyak mencari pekerjaan. Mulai dari lulusan SMA/SMK, diploma, hingga sarjana yang merasa kesulitan saat mencari kerja.

Maka dari itu, pemerintah dapat membantu para pencari kerja ini untuk mendapatkan pekerjaan dengan cara mengadakan suatu program yaitu program kartu prakerja. Namun, tentunya kamu harus tau bagaimana cara daftar kartu prakerja.

Program Kartu Prakerja merupakan sebuah program pengembangan kompetensi kerja yang ditargetkan untuk para pencari kerja. Tidak hanya untuk para pencari kerja, program ini juga ditujukan untuk pekerja atau buruh yang terkena PHK alias pemutusan hubungan kerja.

Selain itu, program ini juga ditujukan untuk para pekerja atau buruh yang memerlukan peningkatan kompetensi atau skill yang dibutuhkan dalam pekerjaannya.

Adanya program ini sangat bermanfaat untuk kelompok tersebut karena bisa meningkatkan kemampuan atau skill yang dapat menunjang dan menjadi kelebihan mereka pada saat bekerja.

Tentunya skill dan kompetensi yang mumpuni akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk dapat menerima para pencari kerja tersebut agar segera mendapatlkan pekerjaan.

Tujuan diadakannya program prakerja ini ialah tentu untuk meningkatkan kompetensi kerja, meningkatkan produktivitas, dan juga daya asing angkatan kerja. Kemudian, tujuan lainnya dari program ini juga yaitu untuk mengembangkan kewirausahaan.

Bagi kamu yang lulusan diploma atau sarjana, kamu bisa melakukan pendaftaran kartu prakerja ini secara online. Cara daftar kartu prakerja cukup mudah, kamu hanya perlu mengunjungi situs resmi kartu prakerja dan mengikuti langkah-langkahnya.

Manfaat Program Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja tentunya memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi para pencari kerja. Di bawah ini merupakan deretan manfaat dari cara daftar kartu prakerja.

1.    Pemberian Pelatihan

Perkembangan dunia industri dan dunia kerja semakin berkembang setiap waktunya. Teknologi juga semakin canggih dan berkembang setiap saat. Banyak perusahaan yang memerlukan karyawan dengan kemampuan dan skill yang mumpuni pada bidang pekerjaan yang dibutuhkan.

Program kartu prakerja memberikan pelatihan kepada semua pesertanya supaya bisa meningkatkan kemampuan dan juga skill. Dimana, kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja atau industri dan kamu harus mengikuti cara daftar kartu prakerja supaya bisa mengikuti pelatihan.

Jadi, dengan memiliki kompetensi yang bagus, maka seseorang bisa berkemungkinan lebih besar untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan yang diharapkan atau yang menjadi passion-nya.

Apalagi, saat ini persaingan untuk mencari kerja sangat ketat dan sulit. Belum lagi banyak warga asing yang masuk ke Indonesia untuk mendapat pekerjaan juga. Jadi, kamu sebagai warga negara Indonesia, sudah selayaknya mendapat pekerjaan yang sesuai dan bisa bersaing dengan warga asing yang bekerja di Indonesia.

2.    Tersedianya Insentif

Para program kartu prakerja, terdapat insentif biaya pendaftaran untuk semua kelas yang tersedia di Kartu Prakerja. Dengan adanya insentif ini, maka setiap warga negara Indonesia yang mendaftar tidak harus lagi mengeluarkan biaya sendiri untuk mendaftar kelas atau mengikuti pelatihan. Kamu harus mengikuti cara daftar kartu prakerja agar bisa mendapat manfaat ini.

Apalagi banyak masyarakat yang terhambat dalam hal ekonomi, namun ingin meningkatkan kompetensi mereka untuk mencari kerja. Tentunya dengan adanya program ini akan sangat membantu kamu yang mungkin sedang terkendala di ekonomi.

Kamu bisa mengikuti kelas-kelas atau pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja dengan bergabung menjadi peserta prakerja. Dengan begitu, akan meringkankan kamu dan kamu tetap bisa berkesempatan mendapat pekerjaan yang layak nantinya dengan mengikuti program prakerja ini.

3.    Banyak Kelas

Setiap orang memiliki minatnya masing-masing, di program kartu prakerja, terdapat banyak jenis kelas dan pelatihan yang bisa kamu ikuti. Kelas-kelas dan pelatihan ini tidak  terbatas hanya pada satu atau dua bidang kompetensi saja, melainkan banyak bidang kompetensi yang bisa kamu pilih.

Berikut merupakan beberapa contoh kelas atau pelatihan yang bisa kamu ikuti di program kartu prakerja setelah memiliki akun dengan cara daftar kartu prakerja.

  • Barista
  • Animasi
  • Desain Grafis
  • Bahasa Asing (Inggris, Jepang, Mandarin dll)
  • Leadership
  • Komunikasi
  • Beauty
  • SEO
  • Memasak, dsb

Kelas yang telah disebutkan di atas hanyalah contoh dari sekian banyak pilihan kelas dan pelatihan lainnya yang tersedia. Jika kamu mencari kelas selain yang disebutkan di atas, kamu tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa mendapatkannya di program ini.

Dengan tersedianya banyak kelas dan pelatihan, maka kamu bisa lebih mengeksplorasi diri kamu untuk mengembangkan minat dan kompetensi kerja kamu yang sesuai dengan bidang yang sedang atau akan digeluti.

Sebagai saran, sebaiknya kamu fokus pada satu atau dua bidang kompetensi supaya kamu bisa menjadi ahli di bidang tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menjadi ahlinya dengan cara daftar kartu prakerja dan mengikuti pelatihan.

4.    SDM Siap Kerja

Program kartu prakerja tidak hanya bermanfaat untuk para pesertanya. Tetapi, program ini juga memberikan manfaat bagi perusahaan atau industri juga. Sebab, perusahaan bisa mendapatkan sumber daya yang sudah siap kerja dengan memiliki kelebihan atas kemampuan dan kompetensi kerja yang dimiliki.

Selain itu, mampu melakukan pekerjaan yang beragam dan bervariasi. Tentunya, hal ini juga akan memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Para pekerja juga sudah dibekali dengan ilmu pengetahuan, pengalaman dalam praktek dan juga kompetensi di bidangnya.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Syarat pendaftaran kartu prakerja
Syarat pendaftaran kartu prakerja

Program Kartu Prakerja ini memiliki persyaratan bagi para calon peserta yang ingin bergabung dengan program ini. Tidak semua kalangan bisa mengikuti program ini karena dibatasi pada kriteria-kriteria tertentu. Lalu, apa saja syarat untuk cara daftar kartu prakerja?

  • Warga negara Indonesia (WNI) yang berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Orang yang sedang mencari kerja, pekerja yang di PHK, atau pekerja yang ingin meningkatkan kompetensi kerja. Lalu, pekerja/buruh yang dirumahkan tanpa menerima upah dan untuk pelaku usaha UMKM.
  • Bukan para penerima bantuan sosial selama Covid-19.
  • Bukan pejabat negara, pimpinan atau anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan juga perangkat desa lainnya. Selain itu juga bukan termasuk direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN/BUMD.
  • Maksimal terdapat 2 NIK dalam 1 KK yang dapat menjadi penerima kartu prakerja.

Itulah syarat-syarat umum yang berlaku untuk mendaftar jadi peserta program kartu prakerja. Selanjutnya, yaitu tentang bagaimana alur proses program kartu prakerja dan cara daftar kartu prakerja. Simak ulasannya dengan baik.

Bagaimana Alur Proses Program Kartu Prakerja?

Program kartu prakerja ini melalui beberapa tahap proses dalam pelaksanaannya. Berikut merupakan penjelasan mengenai alur proses pelaksanaan program kartu prakerja.

1.    Pendaftaran

Pertama, kamu perlu melakukan pendaftaran. Ini adalah langkah awal dan sangat penting untuk kamu bisa menikmati semua fitur dan manfaat yang disediakan di program kartu prakerja ini.

Lakukan pendaftaran secara online di situs resmi prakerja dengan menyiapkan data-data dan dokumen. Data yang akan dimintai yaitu data diri lengkap, email, nomor KK, nomor induk kependudukan (NIK), dan juga nomor telepon yang masih aktif untuk mendaftar.

2.    Seleksi

Cara daftar kartu prakerja selanjutnya yaitu seleksi. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang tersedia agar bisa mengikuti seleksi gelombang yang dilaksanakan. Kemudian, tunggu pengumuman hasilnya.

Di tahap ini tentunya menjadi pertimbangan tim prakerja untuk bisa menerima kamu sebagai peserta kartu prakerja. Jika sudah lolos, kamu sudah menjadi peserta program kartu prakerja dan dapat menikmati manfaat-manfaatnya.

3.    Pilih Pelatihan

Jika kamu lolos, kmau akan mendapat kartu prakerja. Di dalam kartu prakerja tersebut sudah ada insentif atau benefit yang bisa kamu gunakan untuk mengikuti kelas dan pelatihan yang tersedia di program kartu prakerja.

Pilihlah program pelatihan yang tersedia sesuai dengan bidang kompetensi yang kmau minati. Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk bisa mengikuti pelatihan eksklusif di program kartu prakerja. Kamu bisa menemukan banyak jenis pelatihan dan kelas dengan bebas.

4.    Ikuti Pelatihan

Setelah memilih jenis kelas atau pelatihan yang diminati, silakan kamu selesaikan pelatihan tersebut sampai selesai. Ikuti pelatihan sebaik mungkin dan pahami apa yang kamu dapatkan dari pembelajaran pelatihan tersebut. Kemudian, nantinya jika sudah selesai mengikuti pelatihan, kamu akan mendapatkan sertifikat.

Sertifikat pelatihan ini tentunya sangat berguna dalam menunjang untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan sertifikat resmi dari prakerja ini untuk melamar di perusahaan atau industri.

Dengan begitu, kamu bisa berpeluang besar untuk diterima karena sudah pernah mengikuti pelatihan dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu akan lamar setelah mendaftar akun dengan cara daftar kartu prakerja dan mengikuti pelatihan.

5.    Beri Rating dan Ulasan

Setelah mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat, silakan berikan rating atau peringkat pada pelatihan yang sudah kamu ikuti. Berikan juga ulasan kamu atau review mengenai pembelajaran dan selama proses pelatihan. Kamu bisa memberikan tanggapan, saran, atau masukan lainnya terhadap ulasan tersebut.

6.    Insentif

Cara daftar kartu prakerja akan mudah dengan adanya insentif. Program kartu prakerja memberikan kamu insentif sebesar 600 ribu rupiah setiap bulannya. Insentif ini digunakan untuk mengikuti pelatihan lainnya yang diselenggarakan oleh program prakerja.

Tetapi, perlu kamu ketahui bahwa insentif ini hanya disediakan selama 4 bulan setelah kamu menyelesaikan pelatihan. Silakan sambungkan rekening atau e-wallet kamu di salah satu mitra pembayaran.

Selain insentif bulanan, kamu juga akan mendapat insentif lainnya dari hasil mengisi survei. Silakan isi 3 survei yang tersedia untuk mendapatkan insentif sebesar 50 ribu rupiah pada setiap surveinya.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja
Cara Daftar Kartu Prakerja

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui persyaratan mendaftar kartu prakerja, selanjutnya adalah bagaimana cara daftar kartu prakerja. Silakan sumak penjelasannya berikut ini.

  • Pertama, silakan kunjungi website www.prakartukerja.go.id
  • Kemudian, klik Daftar Sekarang.
  • Silakan masukkan email dan juga password pada kolom yang disediakan. Lalu, klik Daftar.
  • Lakukan verifikasi dengan cara klik link tautan yang dikirimkan pada email yang telah didaftarkan.

Dari langkah-langkah di atas, kamu sudah memiliki akun Kartu Prakerja yang sudah aktif. Namun, kamu belum bisa memiliki kartu prakerja jika belum melengkapi informasi lainnya. Silakan ikuti cara daftar kartu prakerja di bawah ini.

  • Lakukan verifikasi identitas KTP dengan cara mengisi NIK, nomor KK, dan juga tanggal lahir.
  • Klik Lanjutkan. Kemudian isi data diri kamu dengan lengkap.
  • Pastikan kembali nama lengkap dan nama ibu kandung diisi dengna benar dan sesuai.
  • Lakukan unggah foto KTP, disini kamu perlu memperhatikan ketentuannya supaya proses verifikasi KTP lancar.
  • Sebaiknya unggah foto KTP yang diambil langsung dari kamera handphone.
  • Jika sudah, lakukan verifikasi nomor telepon/handphone. Klik Kirim.
  • Silakan masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan melalui SMS ke nomor yang telah didaftarkan. Lalu, klik Verifikasi.
  • Setelah itu, isi pernyataan pendaftar dan klik Oke. Maka cara daftar kartu prakerja pun selesai.

Jika semua langkah sudah dilakukan dengan benar dan lengkap, selanjutnya kamu perlu menyelesaikan tes motivasi dan kemampuan dasar yang tersedia di akun kamu.

Pertanyaan Seputar  Program Kartu Prakerja

Perlu diketahui juga oleh kamu bahwa apabila akun kamu sudah terdaftar di tahun sebelumnya, maka kamu dapat mengganti data pendaftaran yang telah diisi sebelumnya apabila ada perubahan.

Nanti, setelah kamu masuk ke akun prakerja, kamu diwajibkan untuk mengisi kembali nomor NIK, nomor KK, dan juga data diri lainnya dengan data-data yang terbaru dan lebih lengkap.

Cara daftar kartu prakerja apabila NIK kamu sudah terdaftar, itu tandanya kamu sudah pernah melakukan pendaftaran sebelumnya. Namun, tetap pastikan kamu sudah memeriksa kotak masuk pada email. Caranya kamu cukup mencari dengan kata kunci “Prakerja” supaya kamu mengetahui akun mana yang pernah didaftarkan ke kartu prakerja kamu.

Lalu, bagaimana kamu bisa mengecek status pendaftaran gelombang? Pada tanggal pengumuman seleksi gelombang, silakan kamu masuk terlebih dahulu ke akun kamu. Apabila lolos seleksi gelombang, kamu akan menerima notifikasi melalui SMS dan juga email.

Di sana, kamu bisa melihat nomor kart prakerja, dan juga status saldo pada menu dashboard di akun kamu setelah kamu menyelesaikan menonton 3 video tentang kartu prakerja.

Namun, apabila kamu belum lolos. Kamu juga akan mendapat notifikasi bertuliskan, “Kamu Belum Lolos Gelombang,” pada menu dashboard di akun kamu. Di situ kamu perlu memeriksa kembali penyebab kenapa kamu belum lolos gelombang.

Kesimpulan

Nah, dari uraian di atas, kini kamu sudah mengetahui cara daftar kartu prakerja secara online. Sebenarnya, langkah-langkahnya cukup mudah asal kamu mengisi data-datanya dengan benar dan lengkap. Setelah memiliki akun prakerja, kamu bisa langsung mengikuti berbagai kelas dan pelatihan yang tersedia di program prakerja tersebut. Bahkan, kamu akan mendapat insentif setiap bulannya untuk bisa mengikuti pelatihan lebih banyak lagi sesuai dengan minat dan kompetensi kerja yang ingin kamu pelajari.

Leave a Comment